Komponen Jaringan Komputer, Konsep Database dan Aplikasinya

PENGERTIAN JARINGAN KOMPUTER

Jaringan komputer (jaringan) adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling berkomunikasi dengan bertukar data. Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien (client) dan yang memberikan/mengirim layanan disebut peladen (server). Desain ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.

Dua buah komputer yang masing-masing memiliki sebuah kartu jaringan, kemudian dihubungkan melalui kabel maupun nirkabel sebagai medium transmisi data, dan terdapat perangkat lunak sistem operasi jaringan akan membentuk sebuah jaringan komputer yang sederhana. Apabila ingin membuat jaringan komputer yang lebih luas lagi jangkauannya, maka diperlukan peralatan tambahan seperti Hub, Bridge, Switch, Router, Gateway sebagai peralatan interkoneksinya.

Jaringan memungkinkan manajemen sumber daya (resource) menjadi lebih efisien. Selain itu, lisensi dari perangkat lunak jaringan dapat lebih murah dibandingkan lisensi stand-alone terpisah untuk jumlah pengguna yang sama, serta berbagi pemakaian CPU, Memori, serta Harddsik.

Jaringan juga membantu mempertahankan informasi agar tetap andal serta up-to-date, Sistem penyimpanan data terpusat yang dikelola dengan baik akan memungkinkan banyak pengguna untuk mengaskses data dari berbagai lokasi yang berbeda, serta membatasi akses ke data  sewaktu sedang diproses.

Jaringan pula membantu mempercepat proses berbagi data (data sharing). Transfer data pada jaringan selalu dapat lebih cepat dibandingkan sarana berbagi data lainnya yang bukan merupakan dengan jaringan.

Jaringan juga memungkinkan kelompok kerja berkomunikasi dengan lebih efisien. Surat serta penyampaian pesan elektronik iyalah substansi sebagian besar sistem jaringan, disamping sistem penjadwalan, pemantauan proyek, konferensi online serta groupware, dimana semuanya membantu team bekerja lebih produktif dan cepat. Jaringan juga membantu usaha dalam melayani klien mereka secara lebih efektif.

PERANGKAT PENYUSUN JARINGAN

Jaringan Komputer Merupakan Sistem Yang Terdiri Dari gabungan Beberapa Perangkat Komputer Yang didesain untuk dapat berbagi sumber daya , berkomunikasi dan akses informasi dari berbagai komputer yg satu dengan komputer yg lain.

Adapun perangkat2 penyusunnya sebagai berikut:

  1. Network Interface Card (NIC)Merupakan kartu jaringan yang berfungsi sebagai penghubung antara komputer satu dengan lainnya dalam sebuah sebuah jaringan dengan media kabel. Network Interface Card dikenal dengan istilah Ethernet Card atau LAN Card. pada Generasi Komputer Pentium IV kebawah perangkat ini masih terpisah dengan motherboard dengan macam-macam Jenis Slot LAN Card, dan Generasi Komputer Pentium IV keatas pada Umumnya NIC sudah terintegrasi dengan motherboard dan teknologi berikutnya terdapat teknologi NIC portable yaitu berupa NIC USB.

  1. Kabel JaringanMerupakan peralatan yang berfungsi sebagai media penghubung antar perangkat seperti penghubung komputer dengan komputer, komputer dengan Switch, serta komputer dengan perangkat jaringan lainnya. secara umum dikenal 3 jenis kabel yang bisa digunakan untuk menyambungkan jaringan computer.

  1. KonektorMerupakan alat yang berfungsi untuk memasangkan sambungan pada pertengahan maupun ujung sebuah kabel yang bisa digunakan untuk menghubungkan kabel dengan kabel dan menghubungkan kabel dengan NIC. terdapat beberapa Jenis konektor yang bisa digunakan, tentu harus sesuai dengan jenis kabel yang digunakan. secara umum jenis konektor yaitu:

Konektor RJ-45 digunakan untuk Kabel UTP

Konektor BNC/T digunakan untuk Kabel Coaxial

Konektor ST digunakan untuk Kabel Fiber Optic

  1. HubMerupakan sebuah terminal berufungsi sebagai penguhubung yang mempertemukan antara client (workstation), server atau perangkat lain. Secara umum perangkat ini digunakan pada Topologi Jaringan bintang, dengan kabel UTP/STP dan Konektor RJ 45.

  1. SwitchFungsi dari switch adalah sama dengan hub. Namun sebenarnya cara kerja switch lebih cerdas bila dibandingkan dengan hub. kelebihan Switch yaitu dapat memproses informasi pada lapisan atau layer data link, switch akan selalu memeriksa alamat MAC address dari setiap perangkat dan komputer yang tersambung dengan dirinya. Sehingga lalu lintas jaringan lebih lancar.

  1. RepeaterBerfungsi sebagai penguat sinyal apabila jarak jaringan sudah melebihi batas maksimum suatu jaringan. cara kerja nya yaitu menerima sinyal dari suatu segmen jaringan kemudian memancarkan kembali ke segmen jaringan lainnya dengan kekuatan yang sama dengan sinyal asli.

  1. BridgeMemiliki fungsi yang sama dengan repeater tapi bridge lebih fleksibel dan lebih cerdas dari pada repeater. dikatakan cerdas karena bridge dapat menghubungkan jaringan yang menggunakan metode transmisi yang berbeda. contoh bridge bisa menghubungkan Ethernet baseband dengan Ethernet broadband.

  1. RouterBerfungsi sebagai perangkat dalam jaringan komputer yang dapat penghubung antara jaringan yang satu network atau berbeda network. Router dapat menentukan jalur mana yang terbaik untuk dilewati paket data sehingga data dapat sampai ke tujuannya.

  1. Acces PointBerfungsi sebagai terminal penghubung seperti HUB/Switch dengan cara memancarkan sinyal wirrelles berupa SSID yang nantinya bisa ditangkap oleh wirelless penerima pada masing-masing komputer. dengan fasilitas yang dimiliki seperti IP Address DHCP, Security, dll.

  1. Wirelles CardBerfungsi untuk menangkap sinyal dan menyambungkan nya ke SSID yang dipancarkan oleh Access Point.

  1. ModemMerupakan perangkat yang berfungsi untuk menghubungkan komputer lokal ke internet. Fungsi utama modem yaitu mengubah sinyal Analog menjadi sinyal Digital. Saat modem tersambung dengan komputer dan ingin mengirimkan data keluar maka Modem akan mengganti sinyal menjadi sinyal analog dan ketika data terkirim ke komputer yang dituju makam modem merubah kembali sinya tersebut menjadi sinya digital.

PENGERTIAN DAN KONSEP DATABASE

Data berasal dari bahasa latin yaitu datum, yang berarti item informasi. jika lebih dari satu datum (jamak) maka disebut dengan data. jadi dapat disimpulkan data adalah bentuk jamak dari datum.

Database ( Basis Data ) Merupakan Kumpulan dari suatu data yang tersimpan dan saling berhubungan satu sama lain tersimpan dalam suatu komputer dan digunakan perangkat lunak untuk memanipulasinya.

Penerapan database dalam suatu informasi disebut dengan datebase System.

Suatu data didefinisikan sebagai kumpulan data yang disatukan didalam suatu organisasi.Organisasi tersebut data dikatakan sebagai company, bank sekolah – sekolah, universitas – universitas dan lain – lain. Maksudnya database digunakan untuk menyimpan semua data yang diinginkan pada suatu lokasi tertentu.sehingga suatu data dalam organisasi tersebut dapat dieleminasi.

Konsep dasar database adalah kumpulan dari catatan, atau potongan dari pengetahuan. Sebuah database memiliki penjelasan terstruktur dari jenis fakta yang tersimpan di dalamnya: penjelasan ini disebut skema. Ada banyak cara untuk mengorganisasi skema, atau memodelkan struktur database: ini dikenal sebagai database model atau model data. Model yang umum digunakan sekarang adalah model relasional, yang menurut istilah yaitu mewakili semua informasi dalam bentuk tabel yang saling berhubungan dimana setiap tabel terdiri dari baris dan kolom (definisi yang sebenarnya menggunakan terminologi matematika). Dalam model ini, hubungan antar tabel diwakili dengan menggunakan nilai yang sama antar tabel.

Istilah basis data mengacu pada koleksi dari data-data yang saling berhubungan, dan perangkat lunaknya seharusnya mengacu sebagai system manajemen basis data (database management system/DBMS). Jika konteksanya sudah jelas, banyak administrator dan programmer menggunakan istilah basis data kedua arti tersebut.

APLIAKSI DATABASE

Berikut adalah beberapa contoh aplikasi database :

Microsoft SQL Server :

Sebuah sistem manajemen basis data relasional (RDBMS) produk  Microsoft. Bahasa kueri utamanya adalah Transact-SQL yang merupakan implementasi dari SQL standar ANSI/ISO yang digunakan oleh Microsoft dan Sybase. Umumnya SQL Server digunakan di dunia bisnis yang memiliki basis data berskala kecil sampai dengan menengah, tetapi kemudian berkembang dengan digunakannya SQL Server pada basis data besar.

XBase – Firebird :

Sistem manajemen basisdata relasional yang menawarkan fitur-fitur yang terdapat dalam standar ANSI SQL-99 dan SQL-2003. RDBMS ini berjalan baik di Linux, Windows, maupun pada sejumlah platform Unix. Firebird di diarahkan dan di-maintain oleh FirebirdSQL Foundation. Ia merupakan turunan dari Interbase versi open source milik Borland.

MySQL :

Sebuah perangkat lunak sistem manajemen basis data SQL (bahasa Inggris: database management system) atau DBMS yang multithread, multi-user, dengan sekitar 6 juta instalasidi seluruh dunia. MySQL AB membuat MySQL tersedia sebagai perangkat lunak gratis dibawah lisensi GNU General Public License (GPL), tetapi mereka juga menjual dibawah lisensi komersial untuk kasus-kasus dimana penggunaannya tidak cocok denganpenggunaan GPL.

PostgreSQL :

Sebuah sistem basis data yang disebarluaskan secara bebas menurut Perjanjian lisensi BSD. Piranti lunak ini merupakan salah satu basis data yang paling banyak digunakan saat ini, selain MySQL dan Oracle. PostgreSQL menyediakan fitur yang berguna untuk replikasi basis data. Fitur-fitur yang disediakan PostgreSQL antara lain DB Mirror, PGPool, Slony, PGCluster, dan lain-lain.

Microsoft Access :

Program aplikasi basis data komputer relasional yang ditujukan untuk kalangan rumahan dan perusahaan kecil hingga menengah. Aplikasi ini merupakan anggota dari beberapa aplikasi Microsoft Office, selain tentunya Microsoft Word, Microsoft Excel,dan Microsoft PowerPoint. Aplikasi ini menggunakan mesin basis data Microsoft Jet Database Engine, dan juga menggunakan tampilan grafis yang intuitif sehingga memudahkan pengguna.

Visual FoxPro :

Bahasa pemrograman berorientasi objek dan prosedural dari Microsoft. Awalnya Bahasa pemrograman ini dikenal dengan nama FoxBASE yang diluncurkan oleh Fox Software pada awal 1984. Fox Technologies kemudian bergabung dengan Microsoft pada 1992 sehingga di depan nama FoxBASE ditambahkan awalan “Visual”.

Demikian yang bisa saya infomrasikan, semoga bermanfaat.

 

Sumber referensi :

https://www.gurupendidikan.co.id/definisi-dan-pengertian-jaringan-terlengkap/

https://puruhitas.blog.uns.ac.id/2016/01/30/komponen-jaringan-komputer/

http://linkblog-ku.blogspot.com/2012/10/pengertian-dan-konsep-dasar-database.html